Sabtu, 03 Maret 2012

Posted by DEW 1 FULDFK on 06.39 with No comments

Cikal bakal berdirinya Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran,
telah dirintis sejak tahun 2001. Berawal dari adanya kesamaan landasan fikiran untuk menyatukan kekuatan aktivis dakwah kedokteran dan saling menguatkan dalam menapaki jalan dakwah, maka diselenggarakan pertemuan Pre Forum Nasional FULDFK di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tanggal 5 – 6 Mei 2001.

Forum ini merekomendasikan dibentuknya suatu wadah tingkat nasional untuk mengkoordinasikan Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Rekomendasi ini dilatarbelakangi oleh :
o Posisi mahasiswa kedokteran yang strategis dalam medan dakwah
o Kompleksnya permasalahan dakwah di Fakultas Kedokteran
o Kesamaan metode dakwah maupun permasalahan yang ada antar LDFK (Lembaga Dakwah FK)
o Serta perlunya penyikapan LDFK terhadap permasalahan kesehatan

Dengan visi menjalin ukhuwah, mengembangkan dakwah, mewujudkan indonesia Islami; bersama-sama melaksanakan misi FULDFK untuk:

•Mengembangkan wacana kedokteran Islam dengan sarana Mailinglist, website dan sesi keilmiahan dalam agenda rutin FULDFK
•Meningkatkan kepedulian sosial di bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan
•Problem solving sistem kaderisasi kampus, Permasalahan jilbab di FK UDAYANA, dan Pemurtadan di kampus FK.

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan akan pentingnya keberadaan sebuah Lembaga Dakwah Kedokteran tingkat nasional semakin meningkat. Atas dasar persepsi itulah, Forum Nasional II diselenggarakan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tanggal 31 juli – 1 Agustus 2004. Forum ini menekankan pentingnya FULDFK menjadi Lembaga Da’wah Kedokteran tingkat nasional, sehingga di bentuklah Tim Addhoc Sementara yang bertugas menyiapkan perangkat organisasi. Fornas II merekomendasikan Core Competence berbasis kesehatan dalam kegiatan LDFK, serta problem solving terhadap permasalahan LDFK.

Layaknya Sel darah yang memiliki peranan sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu sebagai suatu mekanisme dalam memperbaharui “kesegarannya” agar dapat mengoptimalkan fungsinya bagi metabolisme tubuh. Seandainya tubuh manusia diibaratkan sebagai dakwah islam, maka sangatlah penting bagi dakwah islam mendapatkan “darah segar” untuk mengokohkan eksistensinya di dunia. Sedangkan “darah segar” tersebut merupakan manifestasi dari semangat para penyeru dakwah baik yang diimplementasikan melalui aktivitas keislaman
maupun pendirian lembaga keislaman.

Atas berkat rahmat Allah SWT, setetes darah segar telah mengalir dalam tubuh dakwah khususnya bagi dakwah kedokteran, yang dimanifestasikan dengan dideklarasikannya sebuah lembaga dakwah kedokteran bernama Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran, disingkat FULDFK, pada tanggal 13 Februari 2005 bertepatan dengan 4 Muharram 1426 H di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Lembaga ini lahir saat Musyawarah Nasional I dan Deklarasi FULDFK 10 – 13 Februari 2005. Deklarasi ini dihadiri oleh 109
delegasi yang berasal dari 29 Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

Lembaga dakwah ini bersasaskan islam yang bersumber dari Al-qur’an dan As-sunnnah, dengan visi untuk memperjuangkan Islam demi kemaslahatan ummat yang berbasis pada kompetensi kesehatan.

FULDFK memiliki struktur kepengurusan di seluruh Indonesia, dengan memiliki enam departemen di tingkat pusat dan lima wilayah kerja serta perwakilan
pada setiap Fakultas Kedokteran. Forum Ukhuwah Lembaga Da’wah Fakultas Kedokteran se-Indonesia memiliki Dewan Eksekutif Wilayah yang terdiri atas terdiri atas :
Dewan Eksekutif Wilayah 1 ; meliputi seluruh LDFK yang terdapat di pulau Sumatera, antara lain FK UNSYIAH, FK USU, FK UISU, FK UNBRAH, FK UNRI, FK UNSRI, FK UNAND, FK UNILA, FK UNIMAL.
Dewan Eksekuti Wilayah 2 ; meliputi seluruh LDFK yang terdapat di pulau Kalimantan dan Sulawesi, antara lain FK UNMUL, FK UNLAM,FK UNSRAT, FK UNHAS, FK UMI.
Dewan Eksekutif Wilayah 3 ; meliputi LDFK yang terdapat di Provinsi Banten, Jakarta dan Jawa Barat, antara lain FK UNPAD, FK UNJANI, FK UI, FK TRISAKTI, FK UPN, FK YARSI.
Dewan Eksekutif Wilayah 4 ; meliputi LDFK yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah da Yogyakarta, antara lain FK UNDIP, FK UNISSULA, FK UNS, FK UNSOED, FK UII, FK UMY, FK UGM.
Dewan Eksekuti Wilayah 5 ; meliputi LDFK yang terdapat di Provinsi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, antara lain FK UNAIR, FK UWK, FK UNIBRAW, FK UNEJ, FK UMM, FK UDAYANA.
FULDFK se-Indonesia memiliki lambang organisasi yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berupa tulisan Forum Ukhuwah Lembaga Dawah Fakultas Kedokteran dan rantai yang melingkari bulan sabit merah dan kepala stetoskop. Lembaga ini juga memiliki sarana komunikasi antar wilayah untuk memudahkan pelaksanaan tugas dakwah , yaitu dengan menggunakan website FULDFK di www.medicalzone.org yang di desain sesuai dengan kepentingan dakwah kesehatan.

Motto
Berukhuwah menjawab tantangan

Visi
Memperjuangkan Islam demi kemaslahatan umat yang berbasis kompetensi kesehatan.

Misi
1.Memperkuat ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran se-Indonesia
2.Mendorong Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran di Indonesia untuk lebih profesional
dan mapan
3.Mempersiapkan mahasiswa muslim fakultas kedokteran menuju dakwah profesi
4.Advokasi terhadap kepentingan dakwah dalam bidang kesehatan
5.Berperan aktif merespon dan membentuk opini masyarakat yang berkaitan dengan masalah
kesehatan
6.Mensosialisasikan Kedokteran Islam kepada masyarakat
7.Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada baik medis maupun non medis dalam skala nasional maupun internasional

0 comments:

Posting Komentar

Komen disini ya