Selasa, 20 November 2012

Tips Menjadi Wanita Yang Dicintai Allah dan Suaminya 

Assalamu’alaykum wr. wb. Ikhwahtifillah apah kabar nih???? Oooo iyaaaa Nih, untuk para akhwat supaya dicintai oleh Allah dan suaminya kelak, hehehehe Untuk pedomannya, hehehehe, mau tau????? Check it out..... Sesuai sabda Rasulullah SAW, “Dunia adalah perhiasan dan perhiasan terbaik di dunia ini adalah wanita yang shalihah.” (HR. An-Nasa’I dan Ahmad) Lalu, Rasulullah SAW bersabda, “Ada empat hal yang termasuk kebahagian: istri yang shalihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman” (HR. Ahmad).  Istri shalihah adalah sosok wanita ideal karena ia mampu menjadikan dirinya sebagai penerjemah ajaran-ajaran syariat yang lurus, akidah yang shahih, akhlak yang sempurna dan tingkah laku yang baik. Istri shalihah adalah istri yang mampu mendampingi suaminya untuk menjadikan rumah tangganya sebagai komunitas awal dalam membentuk masyarakat islami dan mencetak generasi rabbani. Istri shalihah adalah sosok pribadi yang selalu taat dan patuh terhadap ajaran-ajaran yang telah Allah syariatkan, taat kepada suaminya dengan selalu menjaga kehormatannya. Tidak ada balasan baginya kecuali surga. 

Rasulullah SAW bersabda, “ketika seorang wanita menunaikan shalat 5 waktu, berpuasa dalam bulan ramadhan, menjaga kehormatan dan mematuhi suaminya, maka ia akan masuk surga dari beberapa pintu yang ia inginkan" (HR. Al-Bukhari, Al-Muwaththa’. Dan Musna Imam Ahmad).  Wanita shalihah adalah wanita yang memiliki akidah yang kuat, iman yang mendalam, banyak beribadah, banyak pengetahuan, dan selalu mencontoh akhlak Rasulullah dan generasi salafus shalih sebagai matahari kehidupannya. Apabila seorang wanita telah menjelma menjadi istri yang shalihah dalam menjalankan hak-hak Allah dan juga hak-hak suaminya, tentu akan disayang Allah dan suaminya, adapun ciri-ciri wanita shalihah secara umum adalah sebagai berikut: 

1. Ta’at terhadap perintah Allah dan Rasul-nya. Allah SWT berfirman , “….wanita yang shalihah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka ….” (QS. An-Nisa : 34) 

2. Selalu menutup aurat.  Allah SWT berfirman, “wahai nabi! katakanlah pada istri-istrimu, anak-anakmu dan istri-istri orang mukmin, 'hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang” (QS. Al-Ahzab: 59).


3. Menjaga pandangan. Allah SWT berfirman, “dan katakanlah kepada para wanita yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakan perhiasannya (aurat), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya (aurat), kecuali kepada suami mereka …." (QS. An-Nur :31). 


4. Patuh dan setia terhadap perintah suami dalam keta’atan. Rasulullah SAW bersabda, “Wanita mana saja yang meninggalkan Dunia sementara suaminya ridha terhadapnya pasti masuk Surga”. (HR. At-Tarmidzi dan Ibnu Majah) 


5. Lembut dan Pemalu. Istri shalihah selalu menghiasi dirinya dengan lembut dan rasa malu. Sebuah sifat yang sangat agung yang dengannya ia akan mendapatkan kasih sayang Allah dan disayang oleh sang suami. 


6. Sabar dan tidak mudah putus asa 

7. Cerdas dan berilmu 

8. Pecinta dan penyayang. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang suami menatap istrinya dan istrinya membalas pandangan (dengan penuh cinta kasih), maka Allah akan menatap mereka dengan pandangan kasih sayang. Dan jika sang suami membelai tangan istrinya, maka dosa mereka jatuh berguguran di sela-sela jari tangan mereka". 


9. Rendah hati, baik dan peduli terhadap sesama. Seorang wanita shalihah sangat menginginkan kebaikan kepada orang lain sebagaimana ia menginginkan kebaikan itu untuk dirinya sendiri, dan ia tidak ingin keburukan menimpa orang lain sebagaimana ia tidak menginginkan keburukan menimpa dirinya, ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “tidaklah beriman (dengan sempurna) salah seorang dari kalian sampai ia mencintai untuk saudaranya sebagaimana ia mencintai untuk dirinya sendiri” Nahhh, ikhwahtifillah itu lah tips-tips untuk menjadi wanita yang dicintai Allah SWT dan suaminya, hehehe Meskipun kita masih banyak yang belum menikah, mungkin ini bisa dijadikan pedoman saat kita telah berkeluarga. Itu dulu deh, hehehe semoga kita dapat mengambil hikmahnya yah …. Maaf atas kesalahan dan kekurangan dari kata-katanya, yang benar itu datangnya hanya dari Allah SWT dan yang salah dari ana sendiri.  jazakumullah khairan……….  Wassalamu’alaykum wr. wb.
Reactions:

1 komentar:

  1. Apa yang harus seorang istri perbuat ketika dirinya dikhianati oleh suaminya. Ketika ia mencoba memperbaiki dirinya pun sang suami tetap menganggap apa yang dilakukannya belum sesuai keinginan sang suami. Bagaimanakah sang istri harus berbuat ?

    BalasHapus

Komen disini ya