Senin, 03 Maret 2014




“Pak, baksonya satu mangkuk ya, tidak usah pakai seledri”, sering dengar percakapan seperti ini ?. Ya, kita semua pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini, seledri, atau yang sering kita sebut daun sop. Sejak dahulu, seledri si tumbuhan serbaguna, sudah dikenal sebagai penyedap dan penghias masakan serta unsur pengobatan yang dikandungnya. 

Lalu apa hubunganya sama kanker payudara?
 
Kanker payudara adalah kanker yang paling umum pada wanita baik di negara maju dan berkembang. Diperkirakan bahwa di seluruh dunia lebih dari 508 000 wanita meninggal pada tahun 2011 akibat kanker payudara (Global Health Estimates,WHO 2013). 

Nah, Muslimah mari kita cari tau apasih sebenarnya rahasia kandungan si seledri yang berhubungan dengan treatment kanker Payudara.

Sebuah senyawa alami yang ditemukan dalam seledri, buah ara, dan beberapa makanan lain telah terbukti memiliki potensi sebagai senjata ampuh untuk melawan tumor kanker payudara yang agresif.
Senyawa, yang disebut psoralen diketahui dapat melawan limfoma dan kondisi kulit dengan merusak DNA dan menyebabkan kematian sel tumor ketika diaktifkan oleh sinar UV. Namun para peneliti di Duke University telah menemukan bahwa senyawa tersebut dapat memerangi tumor payudara melalui tindakan metode kedua dan dapat dikembangkan sebagai terapi yang efektif.

Penelitian baru yang dipublikasikan pada 14 Februari 2014, dalam jurnal Public Library of Science PLOS One, menemukan bahwa psoralen menghalangi aksi dari molekul yang dikenal sebagai “Reseptor HER2,” yang terlibat ke dalam 25 persen kanker payudara, ovarium, lambung, dan tumor pada lainnya.
Ketika HER2 diproduksi berlebihan, maka itu akan mengisi pertumbuhan sel yang tidak terkendali, mengarah ke bentuk kanker yang agresif. Namun, para peneliti menemukan bahwa psoralen dapat menutup proses ini.

“Ini sangat tak terduga,” kata peneliti Neil L. Spector, MD, seorang profesor kedokteran dari Duke University. “Terapi ini telah dikenal dapat membunuh sel kanker dengan menyebabkan kerusakan DNA, namun juga memiliki efek anti-tumor langsung pada HER2 yang mengekspresikan sel-sel kanker dengan memblokir sinyal HER2.

Psoralen juga ditemukan juga memiliki efek untuk melawan kanker yang resisten terhadap kemoterapi.

Dr. Spector mengatakan bahwa peneliti membayangkan suatu hari nanti bisa menyuntikkan senyawa langsung ke tumor, kemudian ditambah lagi dengan menggunakan bantuan sinar-X dosis rendah untuk memicu sifat anti-tumornya. Spector mengatakan bahwa teknologi ini sedang diuji pada hewan dan dapat disetujui untuk uji klinis pada manusia awal tahun ini.

“Hal ini menjadi bagian terbaik selama empat tahun setelah mencoba mencari tahu bagaimana mengatasi tantangan biofisika terkait menghasilkan energi yang cukup dalam tubuh untuk mengaktifkan partikel-partikel dan obatnya,” ujar Dr Spector.
Jadi, jangan remehkan si seledri ini ya Muslimah, setelah kita mengetahui salah satu rahasianya dalam melawan kanker payudara. Semoga bermanfaat. 











Sumber :
http://www.dukehealth.org/health_library/news/natural-compound-attacks-her2-positive-breast-cancer-cells
http://www.who.int/cancer/detection/breastcancer/en/index1.html

Sumbar Gambar:
http://pasarberjalan.com


 by Departemen Kemuslimahan DEW 1

0 comments:

Posting Komentar

Komen disini ya