Rabu, 07 November 2012

SINAPS ALA UNILA

Posted by DEW 1 FULDFK on 18.35 with 2 comments


Assalmualaikum wr wb ikhwatufillah semuanya, apakabar semuanya ni? Mudah-mudahan masih dalam ridhonya allah SWT dan mudah-mudahan masih konsisten dijalan dakwah, amiin.

Gini loh ikhwatufilah semua, disini ana Cuma ingin berbagi informasi tentang sahabat-sahabat kita LDF di daerah wilayah 1 (dew 1). Okelah langsung saja ya, hehehhe . ini ceritanya dari salah satu universitas yang berada di ujung sumatera di bagian selatan yaitu universitas lampung atau yang disingkat dengan nama unila . di kampus ini terdapat suatu lembaga dakwah yang merupakan dibawah naungan FULDFK indonesia. Dan lembaga ini selalu di isi oleh orang-orang yang selalu konsisten di jalan allah SWT, dan mereka tidak hanya berdakwa untuk dirinya sendiri saja, tetapi mereka selalu berdakwa untuk orang-orang yang memang membutuhkan mereka.dan tidak lupa juga mereka berdakwa  dengan sahabat-sahabat meraka yang berada di lingkungan kampus mereka yang bertujuan untuk membentuk suatu kampus yang madani yang berlandaskan pada al-qur’an dan  hadist. Dan salah satu untuk mencapai kampus yang madani mereka mengadakan acara-acara yang islami dari program LDF mereka salah satunya adalah SINAPS (sinergi islam dalam pesantren kilat ).
Sinaps (sinergi islam dalam pesantren kilat) ini merupakan salah satu program kaderisasi dari LDF universitas lampung khususnya pada mahasiswa fakultas kedokteran. Dan sinaps ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa/i baru fakultas kedokteran yang beragama islam.dan untuk tahun ini mahasiswa/I yang mengikuti program ini berjumlah 160 orang. Yang terdiri dari ikhwan dan akhwat. acara ini cukup lama juga loh, yaitu 2 hari 1 malam ( tanggal 15-16 september 2012) .
Pada siang hari pertama dan kedua itu diisi oleh materi-materi islam loh, hal ini bertujuan supaya mahasiswa baru fakultas kedokteran universitas lampung ini memiliki dasar-dasar ilmu tentang hal islam, ini di karna tidak semua nya mahasiswa baru fk unila memiliki background sekolah yang berlandaskan ilmu-ilmu islam, jadi untuk mendasarinya, kami dari ldf fk unila mengadakan sinaps ini, dan mudah-mudahan bermanfaat untuk mereka semua, amiin.

Dan pada malam hari nya mahasiswa baru tidak pulang kerumah masing-masing loh , tetapi mereka menginap di tempat-tempat yang telah di tentukan oleh panitia-panitia dari sinaps . acara ini juga bisa kita sebut dengan MABIT ( malam iman dan takwa). Didalam  mabit ini mahasiswa akan mendengarkan curahan rohani dari ustad yang mengisi acara pada waktu itu,  selain dari curahan rohani ini, mereka juga diajarkan untuk membiasakan shalat tahajjud pada tengah malam, dan bukan itu aja, mereka juga diajarkan untuk membaca al-matsurah , dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang positive dari MABIT (malam iman dan takwa) ini. Pokoknya MABIT ini sangat bermanfaat kali loh, tidak rugilah kalau mau ikut kegiatan ini.



Hari kedua di akhir waktu, mahasiswa baru ini akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil atau bisa kita  sebut dengan kelompok mentoring , dan insyaallah kelompok mentoring ini akan berjalan selama satu tahun. Hal ini bertujuan supaya materi-materi islam yang telah di sampai kan pada waktu sinaps akan berkelanjutan untuk kemudian hari nya. Dan ternyata kelompok mentoring ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru yang muslim loh, dan juga sebagai syarat kelulusan mata kuliah umum agama.wahhh,,, keren kan, dan mudah-mudahan mereka dapat hidayah dari allah SWT untuk melanjutkan estapet dakwah dari kakak-kakak senior mereka disana, amiin.

2 komentar:

Komen disini ya