Kamis, 23 Februari 2012

SUMMATION 4th at Jambi

Posted by DEW 1 FULDFK on 06.52 with No comments

Assalammu'alaikum ikhwatifillah, 22-25 Desember
2011 kemarin, FULDFK tepatnya DEW 1 FULDFK mengadakan SUMMATION(SUMatera Meeting and islamic Medical acTION) 4th di Jambi di Universitas Jambi. Pesertanya berasal dari berbagai LDF se-Sumatera. Dimulai dari tanggal 22 Desember 2011 kedatangan delegasi yang disambut hangat oleh panitia. silih berganti delegasi datang ke kota angsa dua tersebut. saking semangatnya delegasi yang ingin mengikuti acara ini, hingga tengah malam pun ada delegasi yang datang dan panitia tetap setia menyambut. Pembukaan acara pun dimulai pada malam hari dan diisi oleh kata sambutan oleh civitas akademika Universitas Jambi.
Esoknya,jumat tanggal 23 Desember 2011 diadakan hari kedua dari acara tersebut. diawali dengan training motivation. Dan ada Forum Annisa' yang diisi dengan materi mengenai "Shalat Khusyuk" dan pastinya keterampilan memasak kue khas Jambi.

selesai shalat jumat, Rapat Wilayah DEW 1 FULDFK pun dimulai. delegasi dibagi sesuai dengan komisi yang telah ditentukan. seperti P dan K, Kemuslimahan, Humas IT, Finansial dan KKIA. Dan sidang pun dimulai di moderatori oleh ketua DEW 1 FULDFK saudara kamal faruq. Rapat pun dilanjutkan hingga malam hari mengenai pengemukaan hasil rapat dan penentuan tender wilayah. hingga pukul 23.00 acara hari kedua SUMMATION 4th selesai.Lanjut dihari ketiga, sabtu tanggal 24 Desember diadakan seminar nasional islam yang diisi oleh pembicara-pembicara luar biasa yang sudah tidak asing lagi didengar. pesertanya tidak hanya delegasi tapi juga saudara-saudara kita dari akademi lainnya.
Acara pun dimulai oleh pembukaan dengan duo MC dari UNJA juga kata sambutan dari ketua FULDFK hingga ke Dekan UNJA yang sepertinya sangat menyambut sekali dengan acara SUMMATION ini, semoga bisa memudahkan UNJA kedepannya untuk mengangkatkan acara-acara bertemakan islam lainnya.


Seminar pertama diisi oleh dr.H.Maulana yang merupakan ketua IDI Jambi beliau memberi materi seminar mengenai UKDI dan STR dokter. pelbagai permasalahan seputar UKDI dan STR pun ditanyakan oleh peserta seminar.
setelah itu dilanjutkan oleh seminar kedua yang diisi oleh dr.Jose Rizal yang merupakan ketua tim Mer-C nasional.beliau pun memaparkan mengenai perjuangan seorang dokter yang tidak hanya bergerak dirumah sakit saja juga di berbagai daerah terpencil di Indonesia dan juga dinegara-negara konflik seperti Gaza.
Selanjutnya, seminar ketiga diisi oleh dr. Hasto Harsono. beliau memberi seminar mengenai hipnotherapist. delegasi pun tertarik dan takjub dengan tekhnik hipnotherapi yang didemokan oleh beliau. tak kalah juga, banyak delegasi yang terhipnotis. seminar keempat diisi oleh dr. Rudy Gunawan SpOG. beliau memaparkan mengenai penggunaan vaksin Ca Serviks dalam perspektif islam.
selanjutnya seinar kelima diisi oleh dr. Abdul Mughni Rozy Sp.B. beliau merupakan penulis buku "blue surgeon". mengenai kisah hidup beliau yang sangat inspiratif untuk para calon-
calon dokter muda.
dan terakhir seminar diisi oleh dr. Egha Zainur Ramadhani. beliau memberi materi seminar mengenai ringkasan bukunya yaitu sehat ala nabi. Dan hingga magrib, seminar ditutup oleh MC dan delegasi kembali ke penginapan . Malamnya delegasi dikumpulkan lagi untuk sharing LDF dan berbagi kenang-kenangan.
Di Hari kelima, hari terakhir acara Summation minggu, 25 Desember 2011. Delegasi dan panitia sudah siap untuk melakukan acara amal yaitu Bakti Sosial. Acaranya seputar Anamnesis,pengukuran Tekanan darah, pemeriksaan fisik hingga pengobatan gratis juga tidak lupa pula ada penyuluhan dan pembagian sembako. Acara ini diadakan di kota seberang Jambi. untuk mencapai daerah tersebut agar menghemat waktu, delegasi dan beberapa panitia harus menaiki "ketek"atau perahu kecil. didaerah tersebut ternyata warganya memiliki kenda
raan pribadi masing-masing yaitu ketek itu sendiri untuk transportasi. Sorenya, delegasi pun diajak panitia untuk melihat Candi muaro Jambi. juga delegasi bersepeda untuk menikmati suasana.
Dan disaat magrib menjelang delegasi pun satu-persatu pulang ke daerahnya masing-masing.
begitulah acara SUMMATION 4th di UNJA. sangat berarti dan sangat berguna. sehingga menghasilkan program-program kerja yang akan membantu kemajuan dakwah kampus kedokteran melalui FULDFK.
FULDFK Berukhuwah Menjawab Tantangan. Hamasah !^^

0 comments:

Posting Komentar

Komen disini ya